Contoh Aplikasi Metode Hot Stamping pada Kemasan Plastik

Hot Stamping adalah metode cetak yang digunakan untuk menambahkan logo, aksen warna atau informasi tertentu pada kemasan plastik dengan bantuan panas dan tekanan untuk merekatkan tinta foil ke kemasan plastik yang dicetak.

Proses ini dilakukan menggunakan film atau foil,  berupa lembaran plastik tipis yang terdiri dari beberapa lapisan. Panas dari cetakan akan mengaktifkan lapisan dari film/foil,  dan membuatnya menempel pada bagian plastik/produk yang diproses.

  1. Ketahanan dan Keawetan
    Hot stamping menghasilkan dekorasi dengan daya tahan yang relatif lebih baik dibandingkan metode lainnya. Warna, desain, atau logo yang diaplikasikan melalui hot stamping tidak mudah terkelupas, pudar, atau rusak karena panas atau bahan kimia, sehingga produk tetap terlihat bagus dalam jangka waktu yang lama.
  2. Tampilan Kemasan Plastik Lebih Estetis
    Metode ini dapat menggunakan berbagai jenis foil yang memberikan hasil akhir yang berkualitas tinggi, seperti metalik, holografik, atau tekstur tertentu. Hal ini meningkatkan daya tarik visual produk, menjadikannya lebih menarik bagi konsumen.
  3. Keamanan dan Kejelasan Informasi
    Informasi penting seperti logo, instruksi penggunaan, atau detail produk yang diproses melalui hot stamping relatif lebih jelas dan tahan lama. Hal ini membantu dalam penyampaian informasi yang akurat dan memastikan konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi serta menggunakan produk dengan benar.
  4. Ramah Lingkungan
    Hot stamping merupakan dry processing sehingga tidak ada penggunaan bahan kimia berbahaya atau pelarut yang dapat mencemari lingkungan.
Metode hot stamping dapat menjadi alternatif yang menarik bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas dan daya tarik produknya. Medion Plastic berkomitmen untuk selalu memberikan solusi terbaik menghasilkan produk berkualitas sesuai kebutuhan pelanggan.
Mengenal Hot Stamping pada Kemasan Plastik